Proses Pengemasan Produksi Video

Bab 17

A. Proses Rendering dan Burning Video

Dalam proses pengengemasan hasil produksi video, hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah melakukan proses rendering dan burning video yang kemudilan dilanjutkan dengan proses pengemasan. berikut ini penjelasan tentang rendering dan prosesure burning video.

1. Rendering

Fungsi rendering adalah menggabungkan semua komponen membentuk muie, baik itu video, audio, teks, efek, filter, dan lain sebagainya menjadi satu kesatuan yang tidak bisa diubah-ubah lagi. Proses rendering biasanya menghasilkan sebuah file dengan format AVI, sehingga berkapasitas sangat besar. File ini sudah dapat dijalankan pada program-program video prayer untuk dilihat editan yang telah dibuat.

Berikut ini adalaha langkah-langkah merender dari Adobe Premier Pro CC:

a. Langkah pertama adalah, pastikan dulu semua editing sudah kita selesaikan, dan video yang sudah kita edit sudah siap di render. Kemudian, untuk mengeksor file dari Premier Pro CC, pilih file>Ekspor>Media

b. selanjutnya, pilih Eksport Setting, kemudian pada format pilih MPEG2-DVD.

c. Tunggu proses export selesai.

2. Burning

Burning video adalah sebuah proses untuk memasukkan data dari komputer kedalam Disk CD/DVD agar file dapat dibaca oeh CD/DVD Drive. kata “Burning” hanyalah sebuah istilah untuk menuliskan (write) data pada komputer kedalam CD/DVD. Secara umum, seua Drive terdapat sebuah laser yang berfungsi sebagai writer dan Witting itulah yang disebut burning.

Dalam proses Burning dibutuhkan sebuah software untuk burning yang berfungsi khusus sebagai Burner, beberapa macam software yang sering kita dengar antara lain:

a. Nero

b. CD Burner xp

c. Asshampoo Burning Studio

d. Deep Burner

e. UltraISO

f. MagicISO

Berikut ini langkah-langkah memasukan file kedalam CD/DVD agar dapt dibaca CD/DVD Express kebanyakan sudah terinstal pada komputer, jika belum ada kita bisa download atau membelinya terlebih dahulu.

B. Proses Packing/Pengemasan

Setelah video muvie tersimpan dalam keping VCD/DVD, langkah terakhir adalah melakukan packing. Packing terdiri dari memberi stiker di keping CD dan memberi cover pada bungkus VCD/DVD. Pembuatan stiker dan cover dilakukan dengan program Adobe Photoshop.

PENUGASAN 

  1. Bagaimana langkah-langkah membuat Label VCD/DVD?
  2. Membuat Cover Box VCD/DVD?

Leave a Comment

Your email address will not be published.