Pengolahan Teks Dipadukan dengan Video

Bab 14

Dalam multimedia teks juga memiliki konsep teks hingga akhirnya muncul pengertian teks khusus bidang multimedia itu sendiri. Dalam kehidupan kita sehari-hari tentu kita tahu bahwa belajar teks bukanlah sesuatu hal yang penting untuk diperdalam bagi kita sendiri. akan tetapi berbeda rasanya jika kita mengaitkan atau mempelajarinya melalui bidang multimedia.

Teks merupakan dasar dari pengolahan kata dan informasi berbasis multimedia. Teks berperan penting dalam proyek multimedia, untuk mengkaji dan menyampaikan informasi kepada audiens dengan cepat.

A. Teks dalam Multimedia

Teks dalam multimedia mempunyai fungsi dan mempunyai kelemahan tersendiri. Untuk mengetahui fungsi dan kelemahan teks dalam multimedia.

1. Fungsi Teks Dalam Multimedia

Teks merupakan salah satu media utama yang diperlukan dalam sebuah kongen multimedia untuk menyampaikan konten. Sebagian besar multimedia menggunakan teks karena sangat efektif untuk menyampaikan ide atau panduan kepada pengguna.

Teks merupakan bentuk data multimedia yang mudah disampaikan dan dikenali, serta file teks mempunyai struktur yang sederhana. Teks biasanya mengacu pada kata, kalimat, alinea, sesuatu yang tertulis atau ditayangkan.

Beberapa hal yang haru diperhatikan dalam penggunaan teks dalam suatu aplikasi multimedia yaitu:

a. Gunakan huruf (font)yang sesuai dengan tema aplikasi multimedia yang akan dibuat

b. Pastikan huruf (font) yang digunakan tersedia dikomuter lain.

c. Pemilihan bentuk dan warna yang sesuai dengan tema aplikasi multimedia yang akan dibuat.

d. Pastikan teks tersebut dapat dibaca

e. Usahakan ringkas dan padat

2. Struktur Teks Dalam Multimedia

Terdapat dua jenis struktur teks dalam multimedia, yaitu:

a. Linier

Struktur teks yang tradisional organisasi berbentuk linier dimana ia mempnyai bagian permulaan dan bagian ppenghujung. Susunan terdiri dari beberapa section/bab. Susunan teks berstruktur ini adalah dalam bentuk hierarki dan boleh digambar seperti pohon.

b. Tidak Linier

Struktur ini dikenal sebagai hypertext. Susunan tidak linier dan mempunyai struktur data graf. Ia terdiri atas nod yang mempunyai bagian teks yang berukuran kecil dan akan dihubungkan dengan bagian teks yang lain dengan menggunakan tautan (link).

3. Contoh Penggunaan Teks Pada Multimedia

Penggunaan teks pada multimedia antara lain:

a. Penggunaan teks dalam iklan

b. Penggunaan teks dalam penerbitan.

c. Penggunaan teks dalam poste, dan masih banyak lagi

4. Kelemahan Penggunaan Teks Dalam Multimedia

Kelemahan penggunaan teks dalam multimedia antara lain:

a. Kurang kuat apabila dijadikan media untuk memberi motivasi

b. Mata cepat lelah ketika harus menyerap materi melalui teks yang panjang dan padat pada layar komputer

c. Teks bersifat kurang interaktif sehingga dapat menimbulkan efek bsan ketika harus membaca teks yang panjang dan padat

5. Sistem dalam Multimedia

Sistem multimedia terdiri dari dua jenis, yaitu:

a. Sistem multimedia stand alone

Sistem ini berarti sistem multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CDrom, DVD, dan lain-lain) atau alat input atau output.

b. Sistem multimedia berbasis jaringan

Sistem ini harus berhubungan dengan jaringan yang ber-bandwith besar, karena faktor sharing sistem.

B. Membuat Teks Pada Video

Dalam membuat teks pada video, kita bisa menggunakan beberapa aplikasi pengolahan video seperti Adobe Premiere Pro. Adobe Premiere Pro merupakan sebuah editing software pembuatan sebuah video atau film. Dengan Adobe Premiere Pro kita tidak hanya bisa memotong video dan menyusunnya, tetapi kita dimungkinkan menambahkan efek yang membuat video yang kita edit tersebut menjadi sangat baik. Kembali lagi tergantung dari konsep awal dan alur ceita video yang sudah kita tentukan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.