Pengolahan Efek Khusus Dengan Fitur-Fitur Perangkat Lunak Efek Khusus

Bab 15

 

Efek spesial banyak digunakan di dalam dunia film, pertelevisian dan hiburan. Dengan definisi ini, efek spesial tidak cuma terdapat dalam film, seperti yang diketahui masyarakat awam. Efek spesial tidak hanya berwujud gambar, tetapi memiliki pengertian luas. Jdi kalau kita sering melihat pertunjukan musik dengan segala macam sinar laser, kembang api, hal tersebut dapat pula dikategorikan sebagai efek spesial.

Adapun bentuknya, efek spesial digunakan untuk meningkatkan dampak suatu objek terhadap indera manusia. Objek tersebut bisa berupa tontonan, gambar, atau pertunjukan. Dengan demikian, diharapkan efek spesial bisa meningkatkan ketertarikan seseorang terhadap objek terebut.

Efek spesial merupakan kombinasi dari seni dan teknologi. Dari sisi teknologi, tidak cuma penguasaan teknologi yang digunakan, namun juga pengetahuan bagaimana indera manusia menangkap gambaran yang akan diterima oleh otak. Sedangkan sisi seni, berperan tentang bagaimana teknologi tersebut digunakan untuk mencapai hal tersebut. Yang akan dilakukan para ahli eek spesial adalah bagaimana menipu indra manusia, terutama audio-visual, bahwa seakan-akan hal terebut terjadi

A. Efek khusus (SFX) dan Efek Visual (VFX)

Dalam dunia film, pertelevisian, dan hiburan tidak lepas dengan sebuah efek untuk membuat tayangan menjadi lebih menarik untuk dilihat.

  1. Spesial Efect atau Efek Khusus (SFX)

a. Pengertian spesial effect atau efek khusus (SFX)

Efek Spesial telah membawa dunia baru untuk kita lihat. Hal-hal yang tidak pernah kita bayangkan seakan menjadi nyata di depan kita. Efek spesial telah merevolusi dunia hiburan. Perkembangan efek spesial sangat mengagumkan. Setiap kali duduk menonton film, kita selalu terkesima dengan efek spesial yang terbaru dan lebih canggih. Kreativitas orang di belakang efek spesial inilah yang memungkinkan semua terjadi. Revolusi efek spesial dilayar lebaru baru saja terjani. Special Effect atau Efek Spesial di dalam bahasa indonesi, sering disingkat SFX atau SPFX banyak digunakan di dalam dunia film pertelevisian dan hiburan. Dengan definisi ini, efek spesial tidak cuma terdapat dalam fil, seperti yang diketahui masarakat awam. Efek spesial tidak hanya berwujud gambar, tetapi memiliki pengertian luas. Jadi kalau kita sering melihat pertunjukan musik dengan segalla macam sinar laser, kembang api, hal tersebut dapat pula dikategorikan sebagai efek spesial.

Adapun bentuknya, Edek spesial digunakan untuk meningkatkan dampak suatu ojek terhadap indera manusia. Objek tersebut bisa berupa tontonan, gambar, atau pertunjukan . Dengan demikian, diharapkan efek spesial bisa meningkatkan ketertarikan seeorang terhadap objek tersebut. Efek spesial merupakan kompinasi dari seni dan teknologi. Dari sisi teknologi, tidak cuma penguasaan teknologi yang digunakan, namun juga pengetahuan bagaimana indera manusia menangkap gambaran yang akan diterima oleh otak. Sedangkan sisi seni, berperan tentang bagaimana teknologi tersebut digunakan untuk mencapai hal tersebut. Yang akan dilakukan para ahli efek spesial adalah bagaimana menipu indera manusia, terutama audio-vusual bahwa seakan-akan hal tersebut terjadi.

Misalnya kita ingin membuat efek hujan. Pertama-tama, kita harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana karakteristik hujan yang benar menurut mata manusia. Setelah itu dengan teknologi apapun yang dimiliki, kita berusaha meniru karakteristik hujan tersebut. Yang terpenting bukan seberapa rill wujud hujan tersebut terjadi, tetapi sajauhmana karakteristik hujan dipenuhi. Teknologi yang digunakan bisa bermacam-macam. Yang terpenting adalah bukan seberapa canggih efek hujan tersebut, tetapi seberapa besar karakteristik hujan tersebut dicapai.

 

b. Fungsi Special Efek Atau Efek Khusus (SFX)

Ada beberapa kegunaan penggunaan efek sepesial, antara lain yaitu:

  1. Efek spesial digunakan untuk memvisualisasikan adegan yang tidak dapat dicapai dengan alat yang biasa, misalnya perjalanan luar angkasa ke Planet Mars. Belum pernah ada manusia sampai ke planet Mars. Untuk itulah efek spesial digunakan untuk menciptakannya.
  2. Efek spesial juga digunakan untuk mengganti penggunaan alat asli yang memiliki biaya yang besar dalam enggunaannya. Misalnya apabila kita ingin membuat ledakan yang sangat dahsyat, menghancurkan banyak sekali gedung, mobil dan infrastruktur lain. Bila ingin menghemat biaya, efek spesial dapat menjadi andalan.
  3. Efek spesial juga digunakan apabila dalam proses pengambilan gambar akan membahayakan aktor pada saat membuat film. Misalnya adegan ledakan, tentu aktor tidak ingin membahayakan diri waktu membuat fil, sehingga ledakan dilakukan oleh efek spesial.
  4. Efek spesial juga digunakan untuk meningkatkan kualitas film yang sedang diambil, dengan cara menambah, mengurangi, mengubah elemen yang ada di dalam film.
  5. SFX digunakan untuk memvisualisasikan scene yang tidak dapat dieksekusi dengan alat biasa, tetapi biayanya rendah.
  6. SFX digunakan untuk memenuhi rinsip ekonomi yaitu, membuat film dengan hasil yang dahsyat tetapi biayanya rendah.

2. Visual Effect atau Efek Visual (VFX)

a. Pengertian Visual Effect atau efek visual (VFX)

Visual effect atau efek visual adalah serangkaian peroses pembuatan gambar yang menyertakan proses manipulasi tertentu di luar adegan pengambilan gambar syuting asli. Dalam pengerjaannya, untuk menciptakan visual effect yang sempurna tidak hanya membutuhkan teknologi yang canggih, namun juga keterampilan dalam mengkomposisikan keseluruhan visualnya agar adegan “ajaib” nya tidak terasa janggal. Oleh karena itu, hasil visual efect ini dapat juga dikategorikan sebagai karya seni.

b. Fungsi visual effect atau efek visual (VFX) memiliki beberapa fungsi diantaranya

  1. Memvisualisasikan adegan yang tidak dapat dicapai dengan alat biasa
  2. Manipulasi adegan yang menghabiskan biaya besar.
  3. Mencegah terjadinya cidera karena peralatan dan adegan

c. Teknik visual effect atau efek visual (VFX)

Cara mengolah visual effect ada 2 yakni:

  1. Mechanical Effect, adalah memenipulasi gerakan
  2. Optical Effect, adalah memanipulasi visual

d. Tim Produksi

Terdapat 3 posisi yang paling penting dalam sebuah produksi visual effect atau efek visual (VFX). Mereka diantaranya adalah

  1. VFX Director, bertanggungjawab mengawasi proses produksi visual efek.
  2. VFX Rigger, bertugas menyiapkan dan mengendalikan model-model miniatur, boneka makhluk (figure), atau benda-benda lain yang menjadi subjek pengambilan gambar
  3. VFX Supervisor, bertugas sebagai kepala kru.

B. Jenis-jenis Efek Khusus dan Efek Visual pada Film/Video

Berkat efek khusus, kita bisa menyaksikan banyak hal yang menarik dalam film/video yang tak terbayangkan sebelumnya. Berikut ini jenis-jenis efek khusus yang dipakai dalam pembuatan film/video.

1.  Virtual Cinematography

Virtual Cinematography adalah efek khusus dalam filem yang dibuat dengan komputer grafis. Bisa juga memotret objek asli untuk dibuat obyek 3D digital sebagai kreasi virtual cinematography.

2. Digital Compositing

Merupakan cara penggabungan beberapa gambar menjadi satu. Bisa sama-sama berupa adegan atau adegan yang disatukan dengan efek khusus.

3. Stop-Motion

Efek khusus  yang memanipulasi benda menjadi terlihat bergerak dengan sendirinya.

4. Prosthetic Make Up

Efek khusus pada film dengan menggunakan teknik-teknik make up sehingga didapatkan tampilan yang diinginkan pada aktor.

5. Computer Generated Imagery (CGI)

Computer Generated Imagery adalah efek khusus yang menggunakan perangkat lunak komputer 100% untuk menghasilkan gambar seperti benda asli.

6. Blue Screen/Green  Screen

Aktor beraksi dengan menggunakan latar belakang biru atau hijau. Warna biru atau hijau dapat diganti dengan latar belakang lain.

7. Animatronics

Efek khusus yang menggunakan robot atau boneka yang diterakan secara elektronik atau robotic.

8. Camera Slo/Camera Freeze

Efek khusus yang menimbulkan efek seperti kita bisa memutari sang aktor pada adegan tertentu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.