Mengadakan Pameran Karya Seni Photografi

Bab 18

Mengadakan Pameran Karya Seni Fotografi

  1. Mengenal Pameran Fotografi

Pernahkah kamu menghadiri sebuah pameran?. Apa yang kamu dapatkan dari menghadiri pameran?. Pameran merupakan kegiatan untuk menyajikan karya seni untuk dikomunikasikan kepada khalayak umum. Dengan dibuatnya sebuah pameran, karya seni dari para seniman dapat dinikmati, dinilai, diberi penghargaan bahkan mendapat kritikan oleh apresiator.

Pameran fotografi adalah salah satu bentuk seni rupa dari cabang desain grafis, yang menggunakan teknologi kamera. Pameran fotografi biasanya diadakan oleh seorang fotografer untuk memperkenalkan karya fotografernya kepada khalayak umum. Karya fotografi yang dipamerkan tentunya dalam bentuk foto dengan tema tertentu.

 

  1. Pameran homogeny merupakan pameran yang memamerkan karya seni yang seragam atau hanya satu jenis karya seni saja. Misalnya pameran fotografi, pameran lukisan dan lain-lain
  2. Pameran teterogen adalah bentuk pameran yang memamerkan karya seni dengan beberapa ragam (dua atau lebih) dalam waktu yang sama

Dengan adanya pameran, ide dan kreativitas seniman (dalam hal ini adalah fotografer) di asah untuk dapat menampilkan karya yang menarik.

Peserta pameran tidak selalu dari hasil satu seorang seniman saja, melainkan berasal dari beberapa seniman. Berdasarkan jumlah peserta pameran, pameran terdiri dari dua kelompok yaitu:

 

  1. Pameran tunggal

Merupakan pameran yang hanya menampilkan berbagai atau jumlah karya seni dari seseorang seniman saja (hanya menampilkan karya dari satu orang fotografer saja).

 

  1. Pameran Kelompok

Merupakan pameran yang hanya menampilkan berbagai atau sejumlah karya seni dari sekelompok seniman yang bekerja sama untuk mengadakan suatu pameran. Pengadaan pameran jenis ini biasanya untuk menggalang dana bantuan untuk acara tertentu.

Pada dasarnya, tujuan diadakan pameran meliputi tujuan social dan kemanusiaan, komersial, serta tujuan yang berkaitan dengan pendidikan. Tujuan social dan kemanusiaan misalnya kegiatan pameran dalam rangka menggalang dana untuk kemanusiaan (bantuan bencana alam). Tujuan komersial misalnya pameran sekaligus untuk dijual kepada para pengunjung atau pembeli. Sedangkan tujuan yang berkaitan dengan pendidikan misalnya pameran yang diselenggarakan di sekolah dengan tujuan memamerkan hasil karya peserta didik sebagai penilaian hasil belajar peserta didik.

Pameran yang diselenggarakan disekolah memiliki manfaat, antara lain sebagai berikut.

  1. Menumbuhkan dan menambah kemampuan peserta didik dalam mengapresiasi karya orang lain.
  2. Meningkatkan kemampuan berkarya peserta didik untuk membuat karya terbaiknya.
  3. Menambah wawasan dan kemampuan peserta didik dalam melakukan penilainan (evaluasi) secara lebih objektif.
  4. Fungsi Aprsiasi

Apresiasi adalah kesadaran terhadap nilai-nilai seni dan budaya. Apresiasi juga dapat diartikan sebagai tindakan menilai, menghargai, memahami dan menikmati karya seni untuk selanjutnya menimbulkan rangsang positif untuk berkreasi secara aktif

  1. Fungsi Edukasi

Pameran dapat mendidik manusia akan kesadara nilai keindahan dan nilai seni budaya, melatih kepekaan terhadap rasa, cipta, karsa dan akhirnya menimbulkan dorongan untuk berkreasi secara aktif

  1. Fungsi Rekreasi

Pameran dapat dijadikan sebagai sarana pemenuhan kebutuhan spiritual manusia dari aspek hiburan

  1. Fungsi Prestasi

Pameran dapat dijadikan sebagai media untuk memperlihatkan prestasi yang telah dicapai oleh seseorang dari sejauh masa proses kreatif seseorang (seniman) dalam bidang seni.

(https://www.artikelbelajar.com/pengertian-jenis-tujuan-manfaat-dan-fungsi-pameran-merencanakan-pameran-persiapan-pameranpelaksanaan-pameran-karya-seni-rupa/).

  1. Mengadakan Pameran Fotografi

Setelah mengetahui tujuan, fungsi, dan manfaat penyelenggaraan pameran khususnya pameran fotografi, selanjutnya kita mencoba mengadakan pameran fotografi. Sebelum melaksanakannya, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui. Adapun tahapan tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Merencanakan pameran

Perencanaan pameran meliputi

  1. Menetapkan Tujuan

Sebuah kegiatan pasti memiliki tujuan, begitu juga dengan pameran. Langkah pertama dalam penyelenggaraan pameran adalah menetapkan tujuan pameran. Misalnya tujuan pameran adalah menggalang dana yang bersifat komersial, social, atau kemanusiaan.

  1. Menentukan Tema Pameran

Setelah menentukan tujuan, langkah selanjutnya menentukan tema pameran. Tema ini dirumuskan untuk memperjelas tujuan atau misi pameran yang akan dicapai. Perlu diperhatikan maksud dan tujuan diadakan pameran, fungsi diadakan pameran, dan siapa sasaran diadakan pameran.

  1. Menyusun Kepanitiaan

Setelah tujuan dan tema telah ditetapkan, langkah berikutnya menyusun kepanitiaan pameran. Perencanaan pameran tidak bisa dilepaskan dengan sumber daya manusia dalam hal ini. Penyusun struktur organisasi kepanitiaan pameran disesuaikan dengan tingkat kebutuhan, situasi dan kondisi tempat diadakan pameran.

  1. Menentukan Waktu dan Tempat

Penentuan waktu dan tempat dengan mempertimbangkan kelancaran perencanaan serta antusiasme pengunjung. Penentuan tempat mempertimbangkan jarak, luas, atau kondisi ruangan yang memadai untuk pelaksanaan pameran.

  1. Menyusun Agenda dan Proposal Kegiatan

Agenda kegiatan dibuat dengan tujuan memberikan kejelasan waktu pelaksanaan kepada semua pihak yang berkaitan dengan penyelenggaraan pameran. Proposal digunakan untuk mencari dana dari berbagai pihak (sponsorship), serta untuk membantu kelancaran penyelenggaraan pameran.

 

  1. Persiapan Pameran

Setelah perencanaan pameran dibuat, selanjutnya yang dilakukan yaitu menyiapkan pameran. Persiapan paeran meliputi beberapa hal berikut.

 

  1. Menentukan dan Mengumpulkan Materi yang akan Dipamerkan

Setelah dikumpulkan, karya yang akan dipamerkan akan dipilih atau diseleksi. Teknik pemilihan karya dapat dilakukan berdasarkan kualitas karya (yang layak untuk dipamerkan), teknik sudut pengambilan, dan angle yang digunakan dalam pengambilan gambar, jenis fotografi, ukuran, dan kreteria lain sesuai ketentuan yang akan ditambilkan (heterogen atau homogeny).. penentuan jenis karya ini akan mempengaruhi perlengkapan pameran yang haru disediakan.

  1. Menyiapkan Ruang Pameran

Penyelenggaraan pameran memerlukan perlengkapan (sarana dan prasarana), seperti ruangan, meja, buku tamu, buku pesan dan kesan, panel penyekat undangan, lampu sorot, sound system, serta poster

  1. Pelaksanaan Pameran

Pelaksanaan pameran mencakup beberapa kegiatan antara lain sebagai berikut:

  1. Pelaksanaan Kerja

Pelaksanaan pameran menjadi puncak dari kegiatan pameran setelah melalui tahap perencanaan dan persiapan. Kelancaan dan kesuksesan pelaksanaan kegiatan ini bergantung pada kerjasama dan komitmen seluruh panitia

  1. Penataan Ruang Pameran

Dalam penataaan ruang pameran, perlu dibuat rancangan dengah ruang pameran terlebih dahulu agar dapat mempertimbangkan arus pengunjung, komposisi penataan karya yang serasi, pengaturan jarak dan tinggi rendah karya yang dipamerkan, dan perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut.

  1. Penataan alur masuk pengunjung

Penataan alur masuk pengunjung menyesuaikan dengan ruang pameran. Adau dua model yaitu alur masuk satu pintu dan dua pintu

  1. Penataan dan penempatan kerja

Penataan karya yang dipamerkan dengan mempertimbangkan jenis, ukuran, warna dan tinggi rendahnya pemasangannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.